Kesehatan

pendarahan vagina bag 5

04.01

Beberapa hal yang wajib dilakukan wanita untuk menjaga kesehatan organ reproduksinya, yaitu:
Lakukan tes pap smear hukumnya ’wajib’ bagi wanita yang pernah melakukan hubungan intim. Selain itu, beberapa hal yagn harus diperhatikan berkaitan dengan perdarahan;

Jangan anggap enteng perdarahan vagina, sekecil apa pun. Karena perdarahan merupakan pertanda ada sesuatu yang tidak wajar, terutama bila terjadi pada wanita usia menjelang menopause. Jangan tunda untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan.

Lakukan pap smear. Semua wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual dianjurkan untuk melakukan tes ini secara rutin, minimal setahun sekali. Ini dilakukan sebagai pencegahan untuk mendeteksi kelainan rahim lebih dini, sehingga terapinya lebih ringan. Kalau stadiumnya sudah tinggi, pengangkatan rahim akan percuma, karena sel kanker sudah menjalar kemana-mana.

Jika terdeteksi ada masalah, lakukan pap smear lebih rutin. Ini untuk mencegah terjadinya pertumbuhan yang tidak dapat ditolerir.Misalnya kanker leher rahim. Jika belum merusak seluruh lapisan rahim, masih bisa dilakukan pengambilan hanya di daerah yang ada kelainan.Biasanya bisa sembuh dan tidak perlu pengangkatan rahim."

Jika pendarahan sudah terjadi, upayakan mempertahankan kondisi umum dengan konsumsi makanan yang bagus, minum susu, daging, buah dan sayur hijau.

Salah satu cara untuk mengetahui jumlah darah haid yang normal, adalah melihat jumlah pemakaian pembalut. Yang normal biasanya sehari 3 kali ganti pembalut dalam sehari. Kalau mendadak menghabiskan lebih dari 3 pembalut, anda sudah harus waspada. Sebaiknya segera diperiksa, karena akan mengganggu proses kestabilan tubuh.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE













Like us on Facebook

https://www.facebook.com/Cantik-Alami-1154746647924185/