Aturan mengkonsumsi bawang putih

Aturan mengkonsumsi bawang putih, Jika sudah mengenal beberapa manfaat bawang putih, bukan berarti bawang putih boleh dikonsumsi sembarangan. Jangan mengira bahwa semakin banyak mengkonsumsi bawang putih semakin baik hasilnya.

Baca: Manfaat Bawang putih untuk kanker

Aturan mengkonsumsi bawang putih


Aturan mengkonsumsi bawang putih
Dosis yang disarankan untuk konsumsi bawang putih adalah 4-5 gram bawang putih segar perhari (kira-kira 1-2 siung).

Kalau terlalu banyak, selain menimbulkan bau tidak sedap pada nafas dan kulit, kadang menimbulkan alergi, gangguan pencernaan (muntah, diare, iritasi, produksi gas berlebihan), asma bronkial, dermatitis, mengurangi kadar protein dan kalsium dalam darah, juga mengurangi produksi sperma.

Terlalu banyak bawang putih meningkatkan resiko perdarahan karena kemampuannya dalam mencegah pembekuan darah. Karena itu pada penderita yang hendak atau baru saja menjalani pembedahan, konsumsi bawang putih sebaiknya dibatasi.

Bawang putih juga meningkatkan kerja enzim-enzim dalam hati dan membuang racun dari dalam tubuh. Sehingga, pada orang yang sedang dalam pengobatan dan perawatan kanker, kemampuan ini sangat bermanfaat. Tetapi anda perlu berhati-hati, karena bawang putih bisa membuang obat-obat yang anda telan termasuk obat-obat kemoterapi .

Kalau anda ingin menambah konsumsi bawang putih dan menggunakan produk suplemennya, konsultasilah dulu dengan dokter.

Catatan:
Bawang merah dan bawang bombay juga memiliki manfaat antikanker. Perlakukanlah sama dengan bawang putih dalam proses memasaknya


Baca juga


Tidak ada komentar

Posting Komentar