Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Manfaat daun sirih untuk kesehatan. Daun sirih yang memiliki nama latin Piper betle L, adalah tanaman asli Indonesia, yang telah lama dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang memiliki manfaat luar biasa. Di beberapa daerah di Indonesia bahkan ada tradisi di mana seseorang mengunyah daun sirih.

Ada banyak zat bermanfaat yang terkandung dalam daun sirih yang baik untuk kesehatan, terutama yang telah diproses dan diambil minyaknya. Minyak esensial berasal dari daun sirih mengandung betIephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula, dan kavikol (memiliki kekuatan untuk membunuh kuman), anti oksidasan dan fungisida serta anti jamur.

Dalam farmakologi Cina, sirih merupakan tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas. Secara tradisional, mereka menggunakan daun sirih untuk membuang angin dalam tubuh, menghentikan batuk, mengurangi peradangan dan meringankan gatal. Pada pengobatan tradisional India, daun sirih dikenal sebagai zat aromatik yang hangat, antiseptik, dll.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan


Berikut adalah beberapa manfaat daun sirih.

Manfaat daun sirih untuk Mengobati batuk

Waspadai batuk berkepanjangan. Ambil 5 lembar daun sirih, cengkeh, kapulaga atau cardamon, kemukus atau cubeb, masing-masing 11 biji serta kayu manis 1 ruas. Dengan cara mencuci semua bahan tersebut lalu direbus dengan 2 gelas air hingga 1,5 gelas air. Angkat dan saring, lalu dinginkan.
Untuk aturan minumnya, Anak usia 1 s/d 3 tahun adalah 3 kali sehari 1 sendok makan. Anak usia 4 s/d 5 tahun 3 kali sehari 3 sendok makan. Anak usia 6 s/d 11 tahun 3 kali sehari 5 sendok makan, sedangkan untuk dewasa 3 kali sehari. Itulah Cara mengobati batu secara alami.

Manfaat daun sirih untuk Mengobati bronkhitis.

Cara mengobati bronkitis secara alami adalah cincang 7 lembar daun sirih dan rebus dengan air sekitar 2 gelas bersama 1 potong gula batu hingga bersisa sekitar 1 gelas, kemudian disaring. Setelah dingin, minum 3 kali sehari sebanyak 3 sendok makan.

Daun sirih untuk Menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan gigi.

Untuk mencegah bau mulut dengan daun sirih adalah Rebus 5-6 daun sirih dengan 2 gelas air mendidih. Dinginkan dan saring kemudian gunakan untuk berkumur-kumur setiap pagi dan sore.

Manfaat daun sirih Untuk pembengkakan gusi / mulut

Cara mengobati gusi bengkak dengan daun sirih caranya, Ambil 5-6 lembar daun sirih. Rebus 3 gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring, tambahkan garam. Gunakan untuk berkumur tiga kali sehari.

Manfaat daun sirih Mimisan atau pendarahan di hidung

Caranya adalah 1 lembar daun sirih digulung sambil ditekan, sampai melepaskan minyak, lalu digunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah.


Sumber:  Khasiat daun sirih

2 komentar

  1. Selain daun sirih, ada juga daun sirih merah yang juga memiliki banyak manfaat seperti dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti peradangan pada mata, mengurangi rasa nyeri pada sendi, antiseptik, dan memperhalus kulit, mengurangi pembengkakan, mengurangi gejala keputihan fisiologis dan meradang...
    https://www.sayasehat.id/article/detail/728/daun-sirih-merah

    BalasHapus
  2. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/

    BalasHapus