Ads Top

Perkembangan Anak Dan Pembelajaran Usia Dini

Perkembangan Anak Dan Pembelajaran Usia Dini, Kehidupan anak usia dini terutama usia dibawah 5 tahun merupakan bagian yang sangat penting, usia tersebut merupakan landasan yang membentuk masa depan kesehatan, kebahagiaan, pertumbuhan, perkembangan dan hasil pembelajaran.

Penelitian mutakhir mengungkapkan bahwa sampai dengan 5 tahun adalah masa yang sangat penting bagi perkembangan otak sedangkan sampai usia 3 tahun masa yang penting bagi pembentukan otak. Berbagai pengalaman masa kecil menjadi dasar untuk perkembangan pengorganisasian dan fungsi otak sepanjang hidupnya.

Memahami tahap perkembangan anak akan membantu orang tua mengerti tentang apa yang diharapkan dan bagaimana orang tua dapat membantu anak untuk tumbuh dan berkembang.


Perkembangan Anak Dan Pembelajaran Usia Dini


Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui oleh keluarga terutama orang tua mengenai perkembangan anak dan pembelajaran usia dini :


  1. Usia dini, terutama usia 3 tahun pertama merupakan masa yang sangat penting bagi pembentukan otak bayi, segala yang ia lihat, raba, cicipi, rasakan, cium atau dengar akan berpengaruh terhadap bagaimana otak berfikir, merasa, bergerak dan belajar.
  2. Bayi belajar dengan pesat sejak lahir, mereka tumbuh dan belajar dengan baik jika orang tua serta para pengasuh memberikan perhatian, kasih sayang dan rangsangan, gizi yang baik, perawatan kesehatan yang memadai serta perlindungan.
  3. Mendorong anak untuk bermain serta melakukan penjelajahan akan membantu anak untuk belajar dan berkembang baik dari aspek sosial, emosi, fisik dan intelektualnya, dan akan sangat membantu agar anak siap untuk sekolah.
  4. Anak belajar tentang bagaimana berperilaku (secara sosial dan emosional) dengan cara meniru perilaku orang yang dekat dengan mereka.
  5. Memasuki sekolah dasar pada waktunya sangat penting bagi kelangsungan perkembangan anak, dukungan orang tua atau pengasuh dan masyarakat merupakan hal yang sangat penting.
  6. Semua anak tumbuh dan berkembang dalam pola yang sama, tetapi setiap anak berkembang sesuai dengan kemampuannya, setiap anak memiliki minat sendiri, perangai sendiri dan cara berinteraksi sosial serta pendekatan yang khas  terhadap pembelajaran.
Demikian informasi mengenai Perkembangan Anak Dan Pembelajaran Usia Dini, semoga bermanfaat untuk para orang tua dalam mengasuh putra-putrinya..



Baca juga

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.