Tips Merawat Rambut ala Salon di Rumah

Tips Merawat Rambut ala Salon di Rumah

Tips Merawat Rambut ala Salon di Rumah. Tampil di berbagai kesempatan dengan beragam gaya rambut yang mempesona merupakan daya tarik tersendiri bagi wanita. Sudah menjadi hal biasa Anda harus melakukan berbagai penataan rambut di rumah sehari – hari, dengan beragam alat-alat berefek panas ataupun servis permanen di salon.

Kerusakan rambut terjadi jika ada struktur rambut yang rusak atau hilang, terutama pada lapisan kutikula sehingga rambut kehilangan kelembutan dan kilaunya. Rambut menjadi rapuh, mudah rontok, kering dan bercabang, Oleh karena itu rambut yang rusak memerlukan perawatan ekstra. Anda perlu segera melakukan rangkaian perawatan rambut yang mampu mengatasi kerusakan rambut secara menyeluruh. Bagi Anda yang sibuk tidak perlu khawatir karena sudah ada perawatan yang bisa dilakukan di rumah.

Baca :  Cara menghilangkan kutu rambut secara alami

Tips Merawat Rambut ala Salon di Rumah

Perhatikan tips merawat rambut berikut ini agar rambut sehat:

  1. Lakukan perawatan dasar rambut menggunakan rangkaian produk perawatan khusus seperti sampo dan kondisioner khusus untuk rambut rusak.
  2. Lakukan perawatan masker rambut dengan produk yang berformula sangat ringan  dan tidak menyebabkan rambut lepek.
  3. Perhatikan menu seimbang, terutama asupan protein, vitamin B dan C serta mineral Fe.
  4. Hindari penggunaan produk rambut berbahan kimi terlalu sering, misalnya gel, krim, spray, pewarna rambut dan minyak rambut.
  5. Hindari konsumsi obat bebas yang berefek samping pada ketidakseimbangan hormon dengan membaca indikasi disetiap kemasan.
  6. Perhatikan pola hidup sehat agar terhindar dari stres berlebih.
  7. Berolahraga secara rutin untuk rileksasi.
Baca juga :  Tips cermat menangani kerontokan rambut

Melakukan perawatan secara khusus rutin di rumah Selain perawatan dasar rambut dengan sampo dan kondisioner, anda juga perlu melengkapinya dengan perawatan khusus. Perawatan khusus untuk rambut rusak tidak harus Anda lakukan di salon, tetapi bisa dilakukan di rumah. Yang paling penting pilih rangkaian produk rambut khusus yang berkualitas, sehingga aman digunakan untuk mengembalikan kondisi rambut agar kembali sehat. Salah satunya dengan melakukan perawatan masker rambut.

Masker rambut merupakan perawatan intensif rambut rusak dengan menutrisinya helai demi helai, memberi ekstra kelembuatan, menyehatkan, serta mengurangi stres pada rambut. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa masker rambut ini bukanlah creambath sehingga proses perawatan ini tidak diikuti dengan proses pemijatan di kulit kepala.

Tujuan masker rambut untuk mengobati kerusakan rambut yang terjadi pada lapisan korteks, terutama bagi Anda yang gemar melakukan proses kimia pada rambut. Lakukan masker rambut seminggu 2 kali untuk rambut kering dan rusak, dan 1 kali dalam seminggu untuk rambut normal.

Baca juga : Merawat rambut di musim panas
 

Langkah demi langkah melakukan masker rambut

Setelah mencuci rambut terlebih dahulu dengan shampo khusus dilanjutkan dengan aplikasi kondisioner. Kemudian lakukan tahapan masker rambut berikut ini:

  1. Usapkan krim masker secara merata dari tengah hingga ke ujung rambut. Hindari pemakaian pada kulit kepala.
  2. Diamkan selama 3 menit sampai krim masker terserap sempurna.
  3. Bilas hingga bersih.

Konsumsi nutrisi sehat

Protein berperan memperkuat helaian rambut. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan rambut rapuh dan rambut rontok. Jika rambut terlanjur rontok, konsumsilah protein secukupnya dan suplemen multivitamin (termasuk vitamin B dan C), juga zat besi sebagai asupan penambah eritrosit dan silika dalam menu harian Anda.

Konsumsi kacang-kacangan, serealia, sayuran hijau, buah segar, daging, minyak ikan, keju rendah lemak, tahu, susu kedelai dan yoghurt. Hindari steak, makanan dan minuman berkafein dan gula murni.

Baca juga :  9 Kesalahan dalam Perawatan Kecantikan

5 komentar

  1. Selain tips diatas, aku juga mau ngasih tips cara merawat rambut dari artikel yang aku baca, yaitu...
    https://www.sayasehat.id/article/detail/823/cara-merawat-rambut

    BalasHapus
  2. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/

    BalasHapus
  3. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus
  4. Gunakan bulu mata palsu yang diproduksi oleh Eyelashes Manufacturer PT. Sung Shim International

    BalasHapus