Melasma apa sih


Melasma Apa Sih?

Melasma adalah pigmentasi kulit yang berlebihan, tidak teratur dan berwarna coklat muda hingga kehitaman di wajah. Melasma dapat disebabkan oleh perubahan hormon saat hamil, minum pil KB, bahan-bahan kosmetik atau obat-obatan tertentu, keturunan dan sinar matahari (radiasi ultra violet). Sinar matahari disamping menyebabkan vlek (melasma) juga mempercepat proses penuaan kulit berupa kulit kering serta keriput.

Untuk mencegahnya sebaiknya hindari kontak langsung dengan sinar matahari. Kenakan payung, topi, kemeja atau t-shirt lengan panjang dan sebagainya. Kenakan selalu krim tirai sinar matahari atau sunscreen.

Proses pengobatan vlek-vlek hitam memerlukan banyak waktu dan usaha. Oleh karena itu jangan menghentikan pengobatan terlalu dini, karena krim atau lotion ini memerlukan waktu untuk mencapai lapisan kulit yang paling dalam, dimana pada lapisan tersebut khasiatnya baru mulai bekerja. Diperlukan waktu 3 hingga 4 minggu sebelum efek pertama dari pengobatan menjadi nyata dan diperlukan sampai 10 minggu untuk penyembuhan.

Pengobatan melasma tersedia lotion vlek atau lotion pemutih yang terdiri dari krim yaitu krim malam, krim sore, krim pagi dan krim tirai sinar matahari. Oleskan krim-krim dan lotion pada vlek atau kulit yang ingin diputihkan, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Cara mengenakan krim di malam hari, 1 jam sebelum tidur. Tapi bersihkan dulu wajah anda dengan lotion pembersih atau cleansing. Oleskan lotion pemutih di daerah yang tebal vlek-nya, tunggu hingga kering. Lotion vlek baru dikenakan setelah dua minggu pemakaian krim. Bila tidak ada keluhan, lotion vlek dapat dipakai di seluruh wajah kecuali kelopak mata dan leher.

Pagi hari kenakan krim tersebut setelah mandi pagi. Bersihkan wajah dengan lotion pembersih atau cleansing. Oleskan krim pagi dan tunggu hingga kering kurang lebih 5 menit. Oleskan secara merata pada kulit wajah anda, krim tirai sinar matahari. Penggunaan krim tirai sinar matahari merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pengobatan vlek hitam.

Sedangkan untuk sore hari, setelah mandi sore. Bila akan keluar rumah pada sore hari maka setelah mandi bersihkan wajah dengan lotion pembersih atau cleansing dan cukup oleskan krim tirai sinar matahari. Setelah mengering, anda bisa mengenakan bedak atau make up seperti biasa. Setelah pulang atau tidak ada kegiatan keluar lagi, bersihkan wajah dengan lotion pembersih dan lakukan prosedur pemakaian krim malam.

Hal-hal yang harus diperhatikan adalah hindari kontak antara krim atau lotion dengan selaput lendir mata, sudut mata, jaringan yang terlalu dekat dengan sudut bibir dan lubang hidung.

Gunakan obat secukupnya, jangan berlebihan. Pemakaian yang berlebihan tidak akan memperoleh hasil yang lebih baik dan lebih cepat, melainkan dapat terjadi kemerahan, pengelupasan yang berlebihan atau gangguan lainnya yang tidak perlu terjadi.

Khasiat penyembuhan krim-krim dan lotion ini akan muncul segera setelah beberapa hari pengobatan. Pada tempat yang diobati mungkin timbul sedikit kemerahan dan bersisik pada kulit yang bersifat sementara. Anda mungkin merasa sedikit panas, banyak mengeluarkan keringat sehingga tidak dapat memakai make up secara merata.

Tapi tidak perlu khawatir jika merasakan hal itu. Bila pemakaian obat diteruskan maka gejala ini akan menghilang dengan sendirinya setelah kulit anda mampu menyesuaikan diri terhadap obat tersebut. Dalam keadaan demikian, tidak boleh membersihkan wajah dengan kain kasar atau digosok terlalu keras, karena kulit muda anda sedang tumbuh sehingga mudah lecet.

Berat ringannya efek kemerahan dan bersisik, tidak sama pada setiap orang, tergantung jenis kulit yang dimiliki. Biasanya kulit yang makin putih tersebut makin sensitif atau peka. Bila anda tidak tahan dengan kemerahan dan bersisiknya kulit, yang diikuti perasaan terbakar yang mungkin timbul, maka anda harus mengurangi pemakaian krim diatas menjadi dua hari sekali. Bila dengan cara ini masih belum teratasi anda harus menyampaikan kepada dokter. Selanjutnya akan diajarkan cara baru penggunaan krim atau mengganti dengan krim yang cocok atau lebih sesuai.

Bila dalam 24 jam setelah pengobatan terjadi kemerahan disertai rasa gatal yang hebat pada kulit, segeralah konsultasi ke dokter. Gunakan krim tirai sinar matahari dan dianjurkan untuk menghindari kontak langsung dengan sinar matahari yang berlebihan atau radiasi ultra violet, terutama selama minggu-minggu pertama pengobatan.

Apabila tingkat pemutihan yang dikehendaki telah tercapai, pergunakanlah krim malam dan krim pagi seperlunya, untuk memelihara hasil pengobatan (cukup seminggu dua kali), sedangkan krim tirai sinar matahari harus tetap dipakai setiap hari.

Penggunaan krim dan lotion ini bersamaan dengan obat-obatan luar lainnya, kosmetik yang merangsang, lotion cukur dan lain-lain, harus dihindarkan kecuali atas anjuran dokter. Selama pengobatan sebaiknya gunakan sabun bayi saat mandi agar kelembaban kulit anda tetap terjaga.

Tidak ada komentar

Posting Komentar